Minggu, 25 Juli 2010

TEMPAT YANG INDAH ITU..


Awal mei..
Lupa tepatnya tgl berapa..yang pasti d awal mei, seorang teman baik yang sempet ilang lumayan lama yg lagi sedih hatinya..gk tau iseng gk tau emang beneran,dya ngajakin saya pergi ke tempat yang indah bgt di Indonesia ini..

08 Mei 2010
Ilyas ultah – laptop, flaskdisk, hpnya ilang. Kamarnya acak-acakan (hhe..dikerjain ma qt)

24 Mei 2010
Ganjar Ultah – diiket di PH..hahaha

Yaaahhh intinya semenjak saat itu...saya jd sering ngumpul ma anak-anak lain yang emang punya niat yang sama. Setiap hari,,semangat itu semakin bertambah dan terus menerus bertambah.. frekuensi qt ngumpul pun jadi lebih sering semenjak niat qt untuk datang ke TEMPAT YANG INDAH ITU semakin tinggi. Ultah ilyas, ganjar, putri, tata qt lewatin bareng-bareng, dengan kejutan yang berbeda di tiap ultahnya dengan harapan mereka mendpatkan kesan yang tidak akan mereka lupakan...bahwa teman-temannya memang sayang dan peduli ma mereka..
kenapa jadi tiba-tiba sering ngumpul ma mereka??saya juga gk tau..mungkin karena mereka yang selalu ada bwat ngasi saya support, mereka yang selalu nanya: “gmn perkembangan skripsinya?apa yang sulit?gk ngerti dimananya?apa yang bikin bingung?ada yang bisa dibantu?, ayo semangat, cepet beresin skripsinya!!,jgn mpe malas menyerang yaa, ayo uwi pasti bisa!!” kata-kata yang sederhana, tp terasa berarti bgt disaat saya lagi mumet-mumetnya. Disaat orang-orang yang saya pikir bisa menenangkan hati saya malah menghilang gk tau kemana. Mereka yang yang selalu ada untuk sekedar saling support & ketawa ketiwi bareng karena kekonyolan” mereka. Ejekan-ejekan yang terdengar sadis tapi penuh kejujuran...hmhhh...=p

Buku-buku, artikel-artikel, blog-blog, gambar-gambar, semua yang berkaitan dengan si TEMPAT YANG INDAH ITU pun qt kumpulkan dengan perasaan yg emang gk bisa diungkapin dengan kata-kata..(niat bgtlah pqny..anak" ce khususny)..
Mimpi itu, harapan itu terasa dekat dan semakin dekat setiap harinya...kadang seakan-akan merasa qt sudah ada di sana..akut memang...keinginan yang begitu dalamnya untuk menguji fisik, mental, kecintaan qt terhadap alam dan Sang Maha Pencipta.
Kesepakatan pun dibuat..qt harus cepet-cepet beresin skripsi qt klo emg qt mw pergi kesana..mulai saat Itulah,,semangat saya semakin menggebu untuk cepat-cepat membereskan skripsi saya..di otak, hati, dan pikiran saya sudah sangat tertanam kebahagiaan yang bakal saya dapetin setelah skripsi saya beres,,dan kebahagiaan yang akan saya dapatkan itu bukan hanya sekedar bisa pergi ke TEMPAT YANG INDAH ITU..akan tetapi membuat bahagya dan membanggakan keluarga saya tentunya,,terutama mamah saya yang memang mengarapkan saya untuk cepat lulus...tak terkira berjuta perasaan gembira yang akan saya dapatkan nanti (ya itulah pikiran saya pada waktu itu).
Bimbingan, bimbingan dan bimbingan..itulah yang saya dan Putri (teman benar-benar teman seperjuangan bimbingan) qt lakukan hampir setiap hari kecuali sabtu dan minggu tentunya. Keinginan yang sudah sangat tertanam di dalam hati dan otak qt membuat qt semakin semangat. Walaupun diketawain dosen, ditegur gara-gara maghrib-maghrib masi ada di kampus, nunggu dosen mpe jam 7 mlm, mpe ada dosen yang mw nganter qt pulang (yah wlo cm mpe dapan gerbang) karna kasian ngeliat qt karena malem-malem qt masi ada di lingkungan kampus yang gelap (mungkin karena qt ce x ya..dosennya jd kasian.. hahahah) qt lkuiin tu semua untuk mengejar target beresin skripsi dan cepet-cepet pergi ke TEMPAT YANG INDAH ITU.
Ancaman demi ancaman pun datang..bukan ancaman c sebenernya..lebih ke dukungan, motivasi,,hanya seperti itulah mungkin caranya. Itulah Ilyas, seorang anak Mahawarman yang emang suka banget bkin orang lain deg-degan karena sikapnya dia. Dia selalu bilang, kalau qt gk ikut sidang tanggal 16 juni, qt gk boleh ikut..hmfff..qt gak takut...semangat semakin dan semakin menggebu,,intensitas bimbingan jadi lebih sering lagi, mpe trkadang qt rada maksa ke dosen pembimbing mpe dosen itu mw nerima qt wlopun sebenernya dy lagi gk maw..hhe..(bisa nekat juga yaaa sayaa...).
Dan ternyata sidang diundur tgl 21 juni dan pendaftaran sidang terakhir tgl 16 juni. Alhamdulillah, ternyata masi ada sedikit waktu untuk sedikit membersekan skripsi qt.
Tanggal 15, sehari sebelum batas hari terakhir, skripsi saya dan putri di acc pada hari yang sama..tak terkira perasaan yg ada, yahh dari awal mpe akhir qt sama”..gk kebayang perasaan yang ada saat itu..bahagia,,haru,,
Hari itu juga qt udah niat bgt mw daftar, semua perlengkapan uda qt siapin,,mulai dari foto yang gk bgt (foto yang menyebar gara-gara Tata..mpe Pak Nandi, anak-anak kelas A, B semuanya liat..hmhh dasar Tata), IUK, transkrip nilai, yaaa pqnya semuanya kecuali surat bebas perpus.
Dengan segera, sedikit berlari qt dateng ke perpus..dan ternyata, lagi ada gangguan di perpusnya..yahh mw gmn lagi, qt berusaha buat sabar..menunggu dan menunggu..dan hingga akhirnya perpus tutup, tidak ada hasil yang qt dapatkan..hmhh cobaan apalagi ini Ya Allah??
Berusaha untuk positif thinking, pihak jurusan sudah memampang pengumuman bahwa tgl 16 adalah hari terakhir pendaftaran. Berarti masih ada hari esok pikir qt..hujan pun menemani qt pulang hari itu seolah alam pun ikut bersedih akan kekecewaan yang qt alami.

16 juni 2010
Hari ini putri ulang tahun, pukul 00.00 saya udah ngirim sms ke putri ke 2 nomernya sekaligus, tapi hingga pagi datang, gk ada balasan juga. Akhirnya pagi-pagi sekali, saya telfon putri untuk mengucapkan selamat ulang tahun..tapi ternyata, di ujung telfon sana, saya dengar suara isakan tangis dari putri (sedikitnya saya tau knapa putri menangis) tapi saya gk bisa maksa dy untuk cerita lebih jauh lagi, saya ucapin selamat ulang tahun, terus ksi sedikit kata-kata penyemangat.

10.00 16 juni 2010
Ketemuan ma putri di tempat biasa ktmu, ngasi ucapan selamat lagi untuk putri, dan bergegas ke perpus untuk ngambil surat bebas perpus qt. Qt bener-bener ga sabar untuk daftar sidang gak sabar untuk segera pergi ke TEMPAT YANG INDAH ITU.
Dan di perpus, sekali lagi qt harus menelan kekecewaan, c ibu pejabat perpus yang mulia blm dtg bwat nandatangangin surat bebas perpus qt, dan qt pun disuruh menunggu. “ setelah jam istirahat ya de ksini lagi, ibunya blm dateng, abis dzuhur mungkin”. Yahh begitulah katanya. Kali ini qt udh bner” ksel, qkhirnya qt putusin bwat k jurusan dulu ja, daftar tanpa surat perpus ‘penghambat’ itu.
Di Jurusan, dengan wajah sumringah qt ngasiin map biru beserta semua perlengkapannya ke staff yang ada disana, yang udh ckp qt knal, yaa siapa lagi klo bkn Pak Cyndia. Dengan senyum-senyum anggun qt kasiin c map biru qt. Eh c aanya mlh ktawa-ktawa smbil blg, udh gk bisa..udh ada SK-ny bwat yg skarang..
Hah..
Qt cm bisa ngelongo..
Boong ni c aa..
Qt nanya lagi bener-bener,,c aa bilang “serius udah ditutup, klo gk percaya tanya aja ke Ketua Jurusan atau Sekretaris Jurusan ja..”.
Qt saling pandang..trus nekat masuk k dalem,,nanya langsung ke Sekretaris Jurusan, Pa Jupri..dan ternyata emg bener udah g
k bisa..qt cb bwt ngomong lagi dan ternyata kputusan gk bisa diubah. SK sudah turun, jadi gk da lagi yg bisa dilakuin lagi.
Sedih. Marah. Kecewa. Ngerasa ditipu. Ngerasa dirugiin. Campur aduklah semuanya.keseeeeel bgt pastinya...
Mput narik aku ke kamar ma
ndi. Disana awalnya mput senyum-senyum getir, tapi tampaknya putri tangguh pun tak sanggup menerima kabar itu. Dy nangis sesegukan. Saya cm bisa diem. Ngeliatin dy. Karena sebenernya saya juga pgen nangis.

DPR
Tempat qt mengadu, cerita sedih, suka, duka. Disana qt hanya berdiam. Merenungi nasib qt..knapa dengan usaha cukup maksimal yg udah qt lakuin, qt blm bisa dapetin apa yang qt pgen..kembali untuk berpikir positif. Mungkin itu yg terbaik untuk qta. Gk lama Dian, Nunu, Ganjar dateng juga k DPR. Mereka ngehibur qt biar qt gk sedih..Abie juga ngehibur wlopun cm lewat telfon,,tp telfon dari abie itu malah bikin saya jadi nangis..

hmhh..tp yahhh lumayan berkuranglah kesedihan qt hari itu..
terimakasih untuk teman-teman yang selalu peduli..

Sorenya qt k kostn Abie bwat ngerjain putri. Yahh dengan proses yang cukup panjang, akhirnya qt bisa bkin putri nangis. Dan putri menangis untuk ketiga kalinya pada hari itu..maaf bkin putri nangis, tp tangis ketiga itu kn beda..tangis kebahagyaan (semoga..hhe).
Ada beberapa permintaan keluar dari mulut putri:
1. Lulus dengan segera
2. Lulus bareng dengan salah seorang
diantara qt
3. Pergi Ke TEMPAT YANG INDAH ITU
Tentunya Qt pun akan berusaha memenuhi keinginan putri itu semampu yang qt bisa.




17 Juni 2010
Tata ulang Tahun – dibanjur diiket di PH jga ky gnjar

21 Juni
Tata, Ilyas, Ganjar Sidang. Sedih gk bisa sidang bareng. Tapi dwi, putri, abie dateng ngeliat mereka sidang. Di waktu pengumuman kelulusan, semua yg sidang hari itu keluar dengan ekspresi penuh haru dan bahagia tentunya.
Dwi : “ Selamat yaa ta, cie udh jadi S.Pd.”
Tata: “ Makasih wi, cpet nyusul yaa..”
Dwi : “ Selamat ya yas, akhirnya lulus juga”
Ilyas: “ Makasih wi, cepet nyusul yaa. TEMPAT YANG INDAH ITU menanti”
Dwi: “ Ganjaaaaaaaar..Selamat Yaaaaaaaaa...”
Ganjar: “makasih wi, ntar klo wi sidang ganjar pasti dateng dkung wi, cpet nyusul makannya”
Hmhhhh...inti dari semuanya...mereka ngasi semangat yang besar bgt bwat saya biar saya cepet sidang juga..jdi bener-bener pgen cepet dateng tu bwat hari sidang. Pengen ngerasain kelegaan, kebahagiaan, kebanggan yang mereka rasain.

28 Juni 2010
Pembagian dosen penguji ma distribusi skripsi. Ke rumah Pa Djakaria ma Bu Enok

29 Juni 2010
Pagi-pagi. Hati udh mulai gk tenang. Duuh besok sidang yaa...mw ngapain yaa pas sidang..hahaha..
Ngeliat anaknya kaya yang bingung, akhirnya saya diajak jalan-jalan. Seharian creambath, makan, jalan-jalan ma mamah.
Sore nyampe rumah. C kakak saya juga ikut-ikutan jadi super baik, nanya maw makan apa. Maw dibawain ap. hahaha..
Sms pemberi semangat ud bnyk bgt dr pagi-pagi..tp tetep ja tp udahnya Dagdigdug lagi..
baca-baca, doa-doa, berharap yang terbaik..
Jam sebelas malem blm bisa tidur juga. Jam 2 baru bisa bener” tidur dan jam stengah lima udh bangun lagi bwat siap-siap.

30 juni 2010
Hari sidang itu tiba..
Minta doa restu dari semua orang rumah dan pergi ke kampus dengan perasaan yang campur aduk.
Pembukaan dimulai.
Dan sidang pun dimulai.
Satu persatu dipanggil ke ruangannya. Setelah tiwa, billy, dan elan. akhirnya Dwi Septiarini dipanggil dipanggil ke dalam ruangan dengan Bu Sri dan Pa Djakaria yg sepertinya sudah siap menghujani dengan pertanyaan-pertannyaannya.

Kurang lebih 60 menit aku berada di ruang sidang itu. Keluar dengan muka kepiting rebus, saya melanjutkan sidang dengan penguji 3, Pa Iwan. Ternyata Pa Iwan sudah bersiap-siap menghamipiri saya dan saya pun ikut ke ruangannya. Cukup lama juga saya di ruangan itu 60 kurang lebih lagi saya berada disitu. Dari abstrak hingga rekomendasi dibahas satu persatu..
Setalah selesai, saya balik lagi ke lantai 4, tempat teman-teman saya yang lain menunggu. Terharu lagi..mereka rela menunggu saya untuk makan walaupun itu sudah sangat lewat dari waktu makan.

Penutupan..
Pa Jupri. Pa Gurniwan. Pa Iwan. Pa Hendro. Bu Nanin. Duduk di depan. Menatap satu persatu peserta sidang. Memberikan wejangan-wejangan dan membawa secarik kertas yang menentukan lulus tidaknya qt pada sidang hari itu.
Satu persatu nama peserta dipanggil. Dan akhirnya..
Dwi Septiarini..LULUS !!!
Alhamdulillah. Puji dan syukur yang begitu besar tiada terkira untuk Allah swt.
Setelah pengumuman selesai. Satu persatu dari qt bersalaman dengan para dosen yang memberikan ucapan selamat.
Haru. Bangga. Senang. Bahagia yang teramat sangat.
Ternyata seorang Dwi Septiarini yang cengeng, manja, riweuh, bisa juga menyelesaikan kuliahnya dalam waktu kurang dari 4 tahun. Hehehehe..
Tapi. Di sisi lain, ada juga perasaan sedih. Sedih karena nanti tidak akan ada lagi perkuliahan dan praktikum yang menyimpan begitu banyak memori indah yang sulit untuk dilupakan. Dan ada sedikit perasaan sesak, mengapa disaat-saat terakhir, disaat qt merasa menjadi lebih dekat dengan para dosen, qt malah harus berpisah.
Yahh itulah hidup, harus tetap berjalan maju ke depan..

Life is a road and I wanna keep going..

01 Juli 2010
Bangun di pagi hari yang cerah. Senyum-senyum. Hmhh..udh S.Pd yaa..hhe...masa sihh??perasaan baru kemarin di ospek di lawang angin dh..hha
Jam 08.00 drrrttttdrrrttttttt...ada sms...
Intinya tata ngajakin ke job expo...whhahaha job expo mainannya yaa sekarang..
Yuupp stuju..yuu pergi..
Jam 10.00 Saya ma putri ud nyampe di lap gazeebo..rame jg trnyata..bnyk orang bgt..keliling-keliling dan akhrnya semua udh diputerin..keluar lah qt dari arena itu.
Dan berjalan menuju monumen nasional. Menunggu tata yang ngaret gk ketulungan.
Biasalah...foto-foto,,,hehehe
Tata dateng, foto-foto lagi..laper...terus makan di mambo dengan porsi jumbo..
Qt mesti buru-buru karena qt ud ditunggu ma teman-teman yg lain untuk ngebicarain pemberangkatan ke TEMPAT YANG INDAH ITU.
Ternyata jalanan macet. Yahh begitulah Bandung dikala liburan sekolah anak-anak. Huhu. Abie udh terus-terusan sms..ilyas marah katanya..qt msti cepet dateng..
Hmhhh mw gmn lagi macet ya macet...masa qt msti terbang bwt nyampe k UPI. Hha.. trnyata macetnya mpe k gerbang belakang upi..akhrnya qt turun sebelum sampe gerbang, lari-lari k lobby FPIPS tempat qt janjian.

Lobby FPIPS
Udah ada Abie, Uji, Ganjar, Ilyas..nungguin qta dari tadi..yupph..qt dateng..minta maaf..trus nunggu Tata sholat bentar trus rapat dimulai. Awal nyampe agak bt sebenernya soalnya masih ada aja yang sok-sok becanda bilang qt gk jd pergi. Bukannya gmn ya..tp ud ngerasa cape ja klo terus-terusan dimainin. Klo emang mw jadi yaa jadi klo gk ya harus jadi...hahahaha..
Akhirnya rapat dimulai. Tanpa NUNU karena nunu lagi ada pembekalan gtlah d GO. Persiapan ini itu diomongin. Mulai dari tanggal keberangkatan mpe peralatan pribadi dan peralatan kelompok apa ja yang mesti dibawa. Hmhh hati ini ud seneng bgt..ud diomongin segala-galanya berarti kesempatan besar banget bwat jadi pergi ke TEMPAT YANG INDAH ITU. Hihihihi asyik bgt niii...dh gk sabarr...
Rapat beres. Ditutup dngn foto-foto geje d lobby FPIPS. Hahaha. Siap pertemuan selanjutnya hari senin bwat nge-fiksin semuanya. Alhamdulillah..
01 juli sore
Drrrtt..drrrttt...hape bergetar lagi..
Ternyata ada sms dari nunu..intinya..dia diterima kerja..tuingtuing..otak logika tau-tau beraksi..pertanyaan-pertanyaan muncul di kepala..nunu kerja ya?klo kerja gk bisa maen dunk?klo gk bisa maen gk bisa pergi k TEMPAT YANG INDAH ITU donk?..huaaaaa....pgen nangis baca smsnya...tp mw gmn lagi...hduuuh gk berani nanya-nanya lebih jauh deh...msi berharap saya salah baca..mata dh rabun x yaa jd baca sms aneh..atow mungkin nunu ngebercandain saya lagi..hhe..yaa positif thingking sebisa mungkinlah pokoknya..

02 Juli 2010
Pagi-pagi hp dah rame uy..ud 3 org nelfon pagi itu..hehehe..dan telfon yang keempat dateng dari nunu. Hmhh..sambil ngerjain revisi skripsi saya nerima telfon itu..huhuhu. ternyata yang diomongin nunu kmrn bukan maen-maen. Dia beneran gak bisa ikut. Hmhh..nyesek sebenernya. Mpe gk sadar kertas bimbingan revisi dicoret-coret mpe gk tau lagi isi tulisannya apa saking schoknya..hemmhemm..bukannya lebay..tp kn..yaahh susahlah bwat diomongin pake kata-kata..cm yang ngerasain hal yang sama yang bisa ngerti. Di otak tiba-tiba terlintas lagu:

Mudah saja bagimu, mudah saja untukmu..
Andai saja lukamu seperti lukaku..

Tapi cepet-cepet dihapuslah tu lagu dari otak. Egois bgt klo mikir kaya gitu. Udah gede. Harus bisa ngerti. Gk boleh egois. Mungkin sebenernya dy juga sedih, tp masa depan emang lebih penting. Apalagi bwat anak-anak co yang nantinya bakal jadi kepala rumah tangga.
Ditelfon saya masi bisa ketawa-ketawa. Gk mw org yang disebrang telfon sana tw klo sbnrnya saya udh hampir nagis dnger kata-kata dia. Mau gimana lagi. Benar-benar harus belajar untuk ikhlas.
Mamah saya yang kyny ngedenger isi pembicaraan tadi (ada disebelah aku soalnya) ikut-ikutan nanya?? “syapa yg nelfon?lama bgt. Knp wi?gk jd perginya?”. Dan saya Cuma bisa diam. Gk mau jawab gk jadi. Bener-bener gk mau karena izin yang udah didapatkan dengan susah payah. Hasil ngelobby selama lebih dari sebulan bakalan ilang gt ja.
Klo mw maen itung-itungan udh bnyk bgtlah usaha-usaha yang dilakuin bwat jadi pergi ke TEMPAT YANG INDAH ITU. Tapi jika keadaannya memang udah gk memungkinkan. Apa lagi yang qt bisa. Belum jodoh mungkin yaa..
Hari-hari selanjutnya..
Usaha-usaha masih terus diupayakan bwat jadi pergi jalan-jalan alternatif ke tempat indah lain selain TEMPAT YANG INDAH ITU. Tapi ada aja hambatannya. Putri gk jadi, Abie gk dapet restu, Uji yang takut ngeliat abie yg gk diizinin jd gk berani mnta izin ma ortunya. Ditambah lagi kakeknya Ilyas sakit..hmhh..ternyata masih bnyak aja halangannya. Mungkin kali ini qt bener-bener gk diizinin bwat pergi. Hehehehe...ya Sudahlah..walaupun dipaksain gk mau bilang Ya Sudahlah. Tapi akhirnya kata-kata itu memang harus keluar. Dan satu-satunya yg bisa qt lakukan hanya IKHLAS.

>>>TEMPAT YANG INDAH ITU..

Kamu akan tetap abadi dalam satu ruang, ruang kecil di dalam hatiku..
Dan..
Mimpiku.
Harapanku.
Rasa percaya aku.
Keberanian aku..Untukmu..
masih aku jaga hingga saat ini..

2 komentar:

Putri Jennia Fasa mengatakan...

kapan kita pergi ke tempat yang indah itu ??? :'(

wie mengatakan...

gtw jg yaa..tp mga" ja suatu saat diizinin ksana yaa..Ma Allah,ma Mamah, ma smuanya...hhe